Pages

Wednesday, October 7, 2015

Apple Watch Adalah Kemunduran Apple Di Masa Depan

Sebentar lagi Apple akan meluncurkan sebuah perangkat jam tangan pintar yang merupakan pasangan dari iPhone series yang telah beredar lebih dulu. Jam tangan tersebut diklaim Apple sebagai jam tangan dengan berbagai fitur hebat. Namun ternyata pada empat video yang dirilis Apple menjelang peluncuran Apple Watch tersebut hanya menunjukkan kehebatan yang berupa teknologi berkirim emoji, persis yang bisa Anda lakukan dengan berbagai aplikasi chatting serta beberapa fitur kesehatan yang telah lama ada pada produk smartwatch produksi perusahaan lain. Hal ini dinilai oleh banyak orang yang bisa berpikir rasional sebagai sebuah kemunduran Apple di masa depan. Bahkan nantinya sejarawan di masa datang akan menganggap produk Apple Watch ini sebagai produk gagal dan merupakan kesalahan Apple, karena bagaimanapun pula, Apple Watch ketinggalanm jaman dibandingkan dengan teknologi perusahaan lain, termasuk sang pendatang baru, Xiaomi.
steve jobs
steve jobs

 

Apple Watch adalah Downgrade Pengalaman Penggunaan Smartphone

Setiap orang mengidamkan untuk mendapatkan sensasi menggunakan smartphone yang belum pernah mereka lihat, rasakan, dan alami. Namun Apple justru memproduksi sebuah perangkat yang merupakan versi downgrade dari smartphone mereka dengan beberapa fitur standar seperti berkirim pesan, menerima telepon dan fitur kesehatan. Namun hal itu hanya bisa Anda lakukan jika baterai Anda terisi penuh, dan Apple Watch mempunyai daya tahan baterai yang sangat jelek, bisa diprediksi Anda akan lebih sibuk menunggui Apple Watch Anda di colokan listrik kantor daripada bekerja.
apple watch
apple watch
Hal ini tentu saja akan menambah masalah bagi semua pengguna Apple Watch, bukankah sebuah alat diciptakan adalah untuk membantu manusia dan bukan sebaliknya? Sukses Apple untuk hal ini adalah iPod yang menyediakan pengganti CD Player portable yang boros baterai dan berat, tapi sebuah Apple Watch? Apa yang bisa dilakukan Apple Watch? Selain memberikan Anda informasi waktu tentunya.  Apple Watch tak memberikan hal baru karena apapun yang ada di situ telah ada pada perangkat iPhone dan bahkan ide Apple Watch itu sendiri adalah karena Samsung dan LG telah merilis jam  tangan pintar mereka lebih dahulu, bahkan telah sampai ke generasi kedua.
Bila dibandingkan dengan iPad, jelas Apple Watch beda. Dulu iPad memang tak terkenal namun kemudian Apple berhasil membuatnya laris manis karena Apple meluncurkan perangkat ini pada saat yang tepat, yaitu pada saat konsumen mulai mengidamkan sebuah perangkat komputer yang bisa dibawa kemana-mana namun lebih ringkas dan lebih ringan dari sebuah laptop. Selain itu peluncuran iPad juga berbarengan dengan booming dan deman layanan data yang berupa titik-titik hortspot di berbagai tempat, Wifi gratis dimana-mana, serta jaringan selular yang mulai menawarkan paket data dengan kuota unlimited dan kecepatan 3G saat itu. Namun Apple Watch tidak sedang dalam posisi tersebut. Saat ini tidak banyak tempat dimana Anda bisa membayar kasir dengan menggoyangkan Apple Watch Anda, bahkan di negara-negara berkembang seperti disini, hampir mustahil menemukan toko dengan fasilitas Apple Pay. Selain itu konsumen belum bisa menggunakan voice recognition, karena selain hanya bisa dipergunakan dalam beberapa bahasa saja, teknologi tersebut tidak bisa menggantikan fungsi keyboard yang kompleks, sedangkan Anda tak akan bisa menambahkan keyboard virtual pada layar Apple Watch yang mini tersebut.
Memang Apple watch dibuat dengan desain yang menarik dan hal tersebut akan mampu menarik minat pembeli, namun apakah konsumen rela membayar sebuah perangkat yang fitur-fiturnya sebagian besar tak bisa dipergunakan dengan baik? Bahkan di Amerika sendiri yang termasuk negara maju, tidak semua fitur Apple Watch bisa dipergunakan. Apple Pay belum tersedia di sebagian besar toko disana, apalagi di Indonesia dan negara lain? Jadi jika nanti apple watch laku, itu bukan karena konsumen mengharapkan pengalaman penggunaan jam tangan yang lebih baik namun lebih pada keinginan untuk membeli sebuah jam tangan dengan estetika yang baik dan dengan merk terkenal yang fungsi utamanya adalah untuk pamer kekayaan dan bergaya, karena versi termurah jam tangan Apple ini harganya sekitar 3,5 juta, dimana dengan harga tersebut Anda sudah bisa membeli sebuah jam tangan buatan Swiss asli kelas menengah dengan fitur lumayan lengkap. Sementara versi mahal Apple Watch adalah hampir 200 jutaan.

Apple Melupakan Fokus Utama Mereka

Apple Watch bisa dipastikan gagal di pasaran walau mereka membuat klaim bahwa sudah banyak yang melakukan preorder. Kegagalan Apple Watch ini karena mereka lupa pada tujuan dan fokus utamanya, yaitu membantu pemenuhan kebutuhan manusia. Perusahaan lain saat ini telah mempunyai tujuan yang jauh lebih maju dan kedepan seperti penelitian virtual reality dan juga self driving car yang mana menjanjikan kemudahan dalam menyetir dan juga tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi. Perusahaan lain dari Tiongkok sedang sibuk dengan kecerdasa buatan dan perusahaan Korea serta Tiongkok sedang mengembangkan Internet of Things yang menyatukan barang-barang dirumah Anda dengan koneksi internet agar bisa dkendalikan dari mana saja. Kebalikan dengan Apple yang saat ini berkutat dengan perangkat yang bisa dikatakan dua-tiga tahun tertinggal dari perusahaan lain. Memang ada isu bahwa Apple akan membuat mobil pintar, namun sampai saat ini perusahaan Steve Jobs ini belum memiliki fasilitas untuk itu dan belum bekerja sama dengan perusahaan mobil manapun juga. Yang mereka lakukan hanya menempelkan iPhone atau iPod pada dashboard mobil untuk memutar lagu-lagu kesukaan pengguna. Apakah ini bisa disebut sebagai kemajuan Apple? Tidak!.

No comments:

Post a Comment